jump to navigation

Nikmatnya Hari Raya Ketupat !!! October 11, 2008

Posted by dony in Experience.
trackback

Hari Raya Ketupat, mungkin ada orang yang tahu dan ada yang tidak tentang hari raya yang satu ini. Hari raya ketupat adalah hari yang dirayakan setelah satu minggu setelah hari raya idul fitri, tepatnya hari rabu kemarin kampungku lagi merayakan hari raya yang identik dengan ketupat dan uang ini. Biasanya ritual ini dilakukan saat pagi hari dimana orang2 ingin memulai aktivitasnya, setiap rumah akan didatangi oleh segerombol anak2 yang membawa mangkok besar dan piring sebagai “wadah’ tempat menyimpan ketupat dan uang. Jadi setiap rumah pasti kebagian untuk didatangi, dan saat dirumah seseorang segerombolan anak itu akan menyanyikan tembang yang bagi kuping saya agak sedikit aneh karena menggunakan bahasa jawa jadi kupingku kurang bisa menangkap kata2 dalam lagu tersebut.

Tapi yang pasti dalam tembang itu tadi berisi doa supaya bagi yang rumahnya dikunjungi yang memiliki anak, anaknya akan diberi keselamatan dan berkah, hebat kan ??? Meskipun kelihatannya aneh tapi ritual ini terus dipertahankan sejak dari jaman dulu, meskipun sekarang saya sudah tidak bisa lagi mrngikuti ritual ini karena body saya yang terlanjur membesar jadi saya ga bisa ikut, tapi saat itu saya bisa mersakan sesuatu yang sudah lama tidak saya rasakan, apa ya aq juga tahu yang pasti dalam ritual ini sangat mengandung unsur2 kebersamaan yang besar antar sesama manusia. Sekian dan terimakasih !!!

Comments»

1. sippaganteng - October 11, 2008

Pertamax !

2. sippaganteng - October 11, 2008

Tradisinya unik bgt. Dirumahku ga ada begitu2an.

3. ndop - October 11, 2008

wow, pidatonya selesai ya.. wekekeke..

aku minta ketupatnya dong.. lapar nih.. wekekeke…

4. Nafi' Abdul Hakim - October 12, 2008

masih ada juga kayaknya tradisi itu..??? di kampungku dah gk da tuh…

5. andy - October 12, 2008

kalo tradisi ini tidak melanggar norma2, ya lebih bagus buat diterusin.

6. ageleng - October 14, 2008

Di dpk yg ad pda ngerusuh smwa bocah2 nya. .
Nyahahaha. .=Dv

7. Edi Psw - October 15, 2008

Hahaha…, aku kemarin juga sudah kupatan.

8. ainulfahmi - October 15, 2008

hallo sallm kenal !!!!!!
ni aku fahmi!!!!!
sama aku juga suka ketupat yang diwewehkan !!!!!!

9. Elys Welt - October 15, 2008

jadi kangen mkn ketupat nih🙂

10. muizemo - October 15, 2008

yo enak loo ..
banyak makanan…

tambah gendut ae…

11. noerdin - October 16, 2008

Don aku koq gak dikirimi ktupate??? Aku kan yo pingin???

12. saprol - October 16, 2008

ga paham don.. jelasin intiny

13. don45 - October 16, 2008

@sippa : Unik kan !!! kaya orangnya
@ Ndop : Maap mas ga ada habis !!
@Nafi : Ya diadain dong !!!
@ andy : Baik akan saya teruskan !!!
@ ageleng : Wah gawat !!!
@ Edi Psw : Kalo gitu sama dong !!!
@ Fahmi : Bagi dong !!!
@ Elys Welt : Mau kukirimin ta ???
@ Emo : Biarin Mo biar gendut tapi sehat !!!
@Bang Din : Habiiiiiissss !!!!
@ Saprol : Baca dong !!!!!!

14. sOfy - October 16, 2008

ngantri jg g dOn,,??

kta nenekQ,, *yg trmasuk orang doeloE*
kupatan tu adl tradisi nGusir yg namaNya blN ramadhan

15. pinkcutez - October 16, 2008

bkAnnA drdLu body u bsAr iAch????

hehehe…

16. pikkisweet - October 16, 2008

Q tw kok hari raya ketupat
Biasanya Q ke rumah nenek n makan lepet makanan kesukaanQ
rasanya Enakkkk bgt……

17. ajeng - October 16, 2008

wah enaknya makan ketupat!!!!!

18. Noval Rifani - October 16, 2008

Kalau d’kampung Q sdh G ad lg tradisi ky gtu…entah knpa..heee
jd lper nC denger nama ketupat………

19. ulan - October 17, 2008

rumah ku kok enggak ada yang dateng ya?? padahal aku wes nyanyi tembang jawa lho judul nya “lengser wengi”, kok anak anak malah pada lari ya??

20. Nafi' Abdul Hakim - October 17, 2008

Ada fahmi ya mas…

21. don45 - October 18, 2008

@ Sopy : Masa sech ??
@ pinkcutez : Eamng besar !!!
@ piikisweet : lepet tuh apaan ya ???
@ ajeng : Enak dunk !!!
@ Noval rifani : Mau ???
@ Ulan : Mbak tuh tembang buat memunculkan teman saya Si Kunti ya jelas aja mereka lari !!!

22. wet - October 19, 2008

tembang kenangan ya …. hehe….

23. hidayat - October 21, 2008

lebaran dah lama tuh..kok gak posting lagi??

24. Edi Psw - October 22, 2008

Aku udah kupatn di rumah kemarin

25. don45 - October 23, 2008

@ Wet : Wah tembang kenangan ya !!!!
@ Hidayat : Maaf mas masih dalam proses !!!
@ Edi Psw : Sama pak !!!

26. pikkisweet - October 23, 2008

lepet tu Y makanan Don
Kyk lemper tP G pke ayam
PokoKna UeNNNakkkk……….


Leave a Reply

